Minggu, 21 Oktober 2012



Perkembangan Media Penyimpanan Data

Media  penyimpanan adalah suatu kemampuan dari suatu alat atau benda yang memiliki kemampuan untuk menampung atau menyimpan suatu data dalam jumlah yang besar. Dalam perkembangannya media penyimpanan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantung dari kapasitas penyimpanan, kecepatan akses, mobilitas, kemampuan menulis dan membaca data serta harga yang di tawarkan.

Sebelum era teknologi, manusia masih menggunakan alat-alat manual untuk menyimpan data berupa batu, dedaunan serta kertas. Dan ketika perangkat komputer mulai diperkenalkan, masyarakat mulai menggunakan punch card, magnetic tape, compact cassette sebagai media untuk menyimpan data yang hingga saat ini perkembangan media penyimpanan sendiri sudah mampu menyimpan data dalam jumlah besar mulai diperkenalkan dengan adanya Hard disk atau Hard drive.  Dimana Hard disk ini mampu menyimpan data dari ratusan Megabyte hingga Gigabyte. Hard disk merupakan terusan dari magnetic tape yang menggunakan lingkaran magnetik. Kecepatan putaran hard disk menentukan kecepatan akses data.


Media penyimpanan lainnya adalah flashdisk. Flashdisk menggunakan penguhubung USB untuk proses transfer data dari dan ke perangkat PC. Kapasitas flashdisk juga beragam, dari yang berukuran di bawah 100MB hingga 16GB. Media ini sangat popular sebagai tempat penyimpanan data yang harganya terjangkau, mudah digunakan, dan juga bisa dibawa ke mana saja.


Media penyimpanan lainnya adalah memory card atau kartu memori. Ukurannya sangat kecil dan biasa digunakan pada banyak perangkat. Ponsel, kamera, handycam, mp3 player, dan lain sebagainya menggunakan kartu memori sebagai media penyimpanannya. Kartu memori pun bisa digunakan di perangkat PC dengan menggunakan perangkat card reader. Dan saat ponsel dan kamera mulai digemari muncullah SD Card yang ukurannya sangat kecil dan juga muat dipasang di kedua perangkat tersebut yang  hanya berkapasitas 32 MB.


Media penyimpanan dengan kapasitas besar lainnya adalah hard disk eksternal. Memiliki fungsi dan kapasitas yang sama dengan hard disk internal yang biasa digunakan di perangkat PC, hard disk eksternal ini juga banyak diburu karena bisa dibawa dan sangat membantu dalam masalah penyimpanan data dalam jumlah besar dan Sekarang ditahun 2012 ini kamu dapat menemukan media penyimpanan yang bernama dengan Cloud Storage.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar